Kamis, 21 Juni 2012

EURO2012: Yunani Memburu Keajaiban Kedua



Warsawa: Tak banyak kalangan yang memperkirakan Yunani bakal mampu menyingkirkan tuan rumah Polandia dan Rusia di Grup A untuk melaju ke babak perempat final Euro 2012. Di mata sejumlah pihak, kemenangan luar biasa 1-0 atas Beruang Merah di National Stadium, Warsawa, 16 Juni lalu, merupakan keajaiban yang dilakukan Giorgos Karagounis dkk.

Kali ini, di fase delapan besar yang akan berlangsung di PGE Arena, Gdansk, Jumat (22/6) besok malam waktu setempat atau Sabtu (23/6) dinihari WIB, Ethniki, julukan Yunani, kembali berada dalam posisi yang tidak diunggulkan alias underdog saat menghadapi tim yang difavoritkan tampil di babak final: Jerman.

Sayangnya, di partai penting tersebut, pelatih Fernando Santos kehilangan kapten utama Giorgos Karagounis yang terkena akumulasi kartu. Walhasil, menjajal Mesut Ozil dkk, Yunani akan dipimpin kapten kedua, gelandang senior kedua dalam tim: Kostas Katsouranis. Dalam pernyataannya seperti yang dilansir UEFA, Katsouranis mengakui jika timnya membutuhkan keajaiban untuk dapat menggilas Der Panser.



“Kami akan mengerahkan segalanya di lapangan. Kami butuh keajaiban minor pada Jumat. Jerman tentunya bakal jadi favorit. Kami underdog. Namun, pikirkan soal yang satu ini: kami tidak akan bermain lawan Jerman 10 kali untuk melihat siapa yang paling banyak menang. Yang akan kami hadapi satu partai dan kami akan berjuang sampai tetes darah yang terakhir,” tegas Katsouranis.

Sikap Katsouranis diamini striker PAOK, Dimitris Salpingidis. “Laga ini tidak akan menjadi pertandingan terakhir kami di Euro 2012. Kami tidak memikirkan soal itu, itulah sebabnya mengapa kami ada di sini,” ujarnya di sesi konferensi pers kemarin di Legionowo. “Makin banyak makanan yang Anda makan, kian banyak pula lapar yang Anda rasakan. Fase demi fase segalanya tambah sulit. Saya berharap kami dapat terus melaju dan membuat publik Yunani gembira. Tapi, kami tahu, hal itu sulit untuk dilakukan,” tegasnya.

Kedua pemain segendang sepenarian saat menunjuk kemenangan vital atas Rusia menjadi kebangkitan semangat dan kepercayaan diri dalam skuad asuhan Santos. “Kemenangan yang sangat penting. Sebab, itu membuat kami lolos dan meningkatkan rasa percaya diri. Saat ini kami percaya diri. Lawan Jerman, kami bakal fokus seperti yang kami lakukan saat menghadapi Rusia,” tandas Salpingidis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar