Rabu, 13 Juni 2012

EURO2012: Ungguli Yunani, Ceska Buka Peluang


Republik Ceska membuka peluang melaju ke babak knock-out Euro 2012. Setelah dibantai Rusia 1-4 di laga perdana, dalam pertandingan kedua penyisihan Grup A yang berlangsung di Municipal Stadium, Wroclaw, Selasa (12/6) sore waktu setempat, Ceska berhasil meraih kemenangan tipis 2-1 (2-0) atas Yunani. Dengan kemenangan tersebut, Ceska sementara menempati peringkat dua besar klasemen grup dengan jumlah tiga (3) poin, hanya kalah selisih gol dari Rusia yang baru akan bertanding melawan co-host Polandia di National Stadium, Warsawa.

Sadar hanya kemenangan yang akan membuka peluang lolos dari penyisihan grup, Tomas Rosicky dkk tampil super agresif sejak kick-off dibunyikan wasit Stephane Lannoy (Prancis). Kurang dari tiga menit tepatnya dua menit dan 15 detik, Ceska unggul 1-0 lewat tendangan gelandang sayap Petr Jiracek. Gol tercepat sepanjang penyelenggaraan Euro 2012.

Gol ini bermula dari passing akurat yang dilontarkan Milan Baros kepada Jiracek yang lolos dari kawalan bek kiri Jose Holebas. Tembakan Jiracek sejatinya dapat ditepis kiper Kostas Chalkias. Namun, blok Chalkias tak sempurna dan membuat bola melaju ke dalam gawang. Skor 1-0 untuk Ceska.

Di saat para pemain Yunani masih kaget dengan gol tersebut, tiga menit kemudian, lagi berawal dari sektor sayap kiri pertahanan Yunani, Ceska mencetak gol kedua lewat sambaran Pilar yang mendapat umpan silang dari Gebre Selassie. Skor 2-0 untuk Ceska.

Perlahan, Yunani mampu menyolidkan lini pertahanan. Sementara, Ceska berusaha terus mencari gol tambahan melalui penguasaan lini tengah. Di menit ke-22, kiper Chalkias mendapat cedera punggung dan ditarik keluar untuk digantikan kiper ketiga Michalis Sifakis. Enam menit berselang, Sifakis melakukan penyelamatan dengan menepis tendangan keras Rosicky dari jarak 22 meter.

Memasuki 15 menit terakhir, Yunani mencoba bangkit seiring dengan mengendurnya tekanan Ceska. Sayang, hakim garis tak memihak anak-anak asuhan Fernando Santos. Gol sundulan Georgios Fotakis di menit ke-40 dianulir karena dinilai telah berada dalam posisi off-side. Keputusan yang kontroversial mengingat dalam tayang ulang, Fotakis masih sejajar dengan para defender Ceska.

Di babak kedua, Yunani melakukan perubahan, menambah amunisi di lini depan dengan memasukkan striker Theofanis Gekas. Di lain pihak, tak mau terkena suspensi, Rosicky ditarik pelatih Michal Bilek dan digantikan Daniel Kolar. Absennya Rosicky membuat Yunani mendominasi lini tengah.

Delapan menit berlalu, Yunani mendapat hadiah tak terduga menyusul blunder yang dilakukan kiper Ceska, Petr Cech. Berada dalam posisi yang bebas dari ancaman atau tekanan pemain lawan, Cech gagal menangkap dengan sempurna bola yang dilepaskan striker Yunani Giorgios Samaras. Bola liar jatuh di dekat kaki Gekas yang tak kesulitan mengirimkan bola ke dalam gawang yang telah kosong. Gol balasan tersebut membuat Yunani memperkecil ketinggalan menjadi 1-2.

Sayangnya, sejak gol tersebut, meski mendominasi penguasaan bola, Samaras dkk gagal mengkreasi peluang atau ancaman di depan gawang Cech. Yunani pun kembali tak mendapatkan keberuntungan ketika di menit ke-72, Gekas yang berdiri di dalam kotak penalti dinilai berada dalam posisi off-side saat menerima bola defleksi hasil tendangan kapten Giorgos Karagounis. Padahal, dari tayang ulang, jelas terlihat jika posisi Gekas on-side.

Sampai peluit akhir berbunyi, skor 2-1 untuk Ceska tetap bertahan. Peluang Yunani untuk mencari posisi dua tim terbaik grup pun kian menipis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar