Senin, 18 Juni 2012

EURO2012: Ronaldo Gemilang, Portugal Melenggang




Kharkiv: Ditandai dengan gemilangnya penampilan Cristiano Ronaldo, Portugal yang sempat tertinggal lebih dahulu, mampu bangkit dan akhirnya memetik kemenangan tipis 2-1 (1-1) atas Belanda di partai terakhir penyisihan Grup A Euro 2012 yang berlangsung di Metalist Stadium, Kharkiv, Minggu (17/6) malam waktu setempat atau Senin (18/6) dinihari WIB.


Dengan hasil ini, Portugal berhak menempati posisi runner-up grup dengan jumlah enam (6) poin, terpaut tiga angka dari Jerman yang pada saat bersamaan unggul dengan skor yang sama 2-1 atas Denmark. Sebaliknya, kekalahan tersebut membuat rapor Oranje begitu buruk di Euro 2012, gagal meraih satu poin pun dari tiga laga yang telah dilalui alias selalu menelan kekalahan!


Di babak perempat final, Jerman yang berstatus juara Grup B akan berhadapan dengan runner-up Grup A Yunani di PGE Arena, Gdansk, Jumat (22/6). Sementara, Portugal akan menjajal kekuatan juara Grup A Republik Ceska di National Stadium, Warsawa, Kamis (21/6).


Di laga “hidup-mati” tersebut, Belanda tampil menjanjikan di menit-menit awal babak pertama. Wesley Sneijder dan Arjen Robben berusaha keras mengendalikan jalannya pertandingan. Usaha yang membuahkan hasil di menit ke-11 melalui gol cantik kapten Rafael van der Vaart yang menerima umpan dari Robben. Bola hasil tembakan melengkung Van der Vaart yang mengarah ke pojok kanan gawang Portugal gagal dijangkau kiper Rui Patricio. Skor 1-0 untuk Belanda.



Namun, justru gol tersebut yang membuat “nasib” Oranye berubah. Seketika, permainan dikendalikan Ronaldo dkk. Di menit ke-15, setelah berhasil melalui kawalan Ron Vlaar, tendangan CR7 hanya membentur tiang kanan gawang Belanda yang dijaga Maarten Stekelenburg. Dua menit kemudian, striker Helder Postiga membuang peluang emas. Berawal dari blunder Gregory van der Wiel, Postiga berdiri dalam posisi yang sangat bebas untuk mencetak gol. Sayang, tendangannya dapat ditepis Stekelenburg.


Portugal tak patah arang. Di menit ke-27, sundulan CR7 dapat ditepis Stekelenburg. Belanda sempat membalas lewat sepakan Sneijder yang masih dapat diantisipasi kiper Rui Patricio. Beberapa detik kemudian, Portugal menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol berkelas yang dilesakkan Ronaldo. 


Gol ini berawal dari kontribusi gemilang bek Joao Pereira yang mendobrak pertahanan Belanda dan kemudian menyodorkan umpan luar biasa pada Ronaldo yang lolos dari kawalan Ron Vlaar. Dengan dingin Ronaldo mengelabui Stekelenburg. Di sisa waktu babak pertama, Portugal mempunyai peluang lewat tendangan Nani dan Ronaldo.


Di awal babak kedua, Belanda kembali menekan. Portugal yang tahu benar dengan strategi yang diterapkan Bert van Marwijk dengan cerdik menunggu tekanan Oranye sembari mengintip melakukan counter-attack yang cepat. Hasilnya, di menit ke-60, dari umpan Ronaldo, Helder Postiga berhasil menjebol gawang Belanda. Namun, gol dianulir menyusul posisi Postiga sebelumnya yang berdiri off-side.


Dengan kecepatan para pemain sayapnya Portugal mampu membuat Belanda kedodoran. Di menit ke-66, kiper Stekelenburg melakukan penyelamatan gemilang atas upaya Fabio Coentrao. Enam menit berlalu, Nani membuang peluang emas. Ronaldo yang lepas dari kawalan Van der Wiel memberikan umpan mendatar akurat ke tiang jauh. Dalam posisi yang sangat bebas, sontekan Nani terlalu lemah dan dapat diblok Stekelenburg.


Namun, kurang dari dua menit kemudian, Nani tampil gemilang dengan membuat asisst terhadap terciptanya gol kedua Portugal yang dicetak Ronaldo. Menerima umpan diagonal dari Nani, dengan cerdik Ronaldo mengelabui Ron Vlaar sebelum melepaskan tembakan akurat ke pojok kanan gawang Belanda tanpa dapat ditepis kiper Stekelenburg. Skor 2-1 untuk Portugal.


Sejatinya, pertandingan telah usai. Pasalnya, Belanda dituntut mencetak tiga gol tambahan di 15 menit tersisa guna meloloskan diri ke perempat final. Meski demikian, Oranye berupaya mencetak gol balasan. Tercatat tiga peluang yang didapat, termasuk tendangan Van der Vaart di menit ke-82 yang hanya membentur tiang kiri gawang Rui Patricio. Dua peluang lainnya lewat Klaas-Jan Huntelaar dan Robin van Persie pun gagal menghasilkan gol. 


Di menit-menit akhir, Ronaldo nyaris mencetak hat-trick ketika sepakannya hanya membentur tiang gawang. Meski demikian, skor 2-1 cukup bagi Portugal untuk lolos dari “Grup Neraka” dan bertanding di babak delapan besar Euro 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar