Senin, 18 Juni 2012

EURO2012: Sempurna, Jerman Singkirkan Denmark




Lviv: Jerman menoreh hasil sempurna di babak penyisihan Grup B Euro 2012. Di partai ketiga yang berlangsung di Arena Lviv, Lviv, Minggu (17/6) malam waktu setempat atau Senin (18/6) dinihari WIB, Der Panser mengalahkan Denmark dengan skor 2-1 (1-1). Dengan hasil tersebut, Jerman tampil di puncak klasemen grup dengan poin sempurna, 9 angka, dari tiga pertandingan sekaligus memastikan diri lolos ke babak perempat final. Sebaliknya, kekalahan untuk kedua kalinya ini membuat Tim Dinamit pulang lebih awal mengingat di pertandingan yang lainnya Portugal berhasil memetik tiga angka setelah melibas Belanda dengan skor yang sama pula, 2-1 (1-1).

Di awal babak pertama, Philipp Lahm dkk langsung mengambil berinisiatif menyerang. Hasilnya, dua peluang didapat Thomas Muller di menit ke-2 dan menit ke-5. Denmark membalas dan sempat beberapa kali membahayakan gawang Manuel Neuer. Namun, gawang Denmark yang dikawal Stephan Andersen, akhirnya jebol di menit ke-18 lewat tendangan Lukas Podolski yang menerima assist dari Mario Gomez.

Akan tetapi, keunggulan Jerman tak bertahan lama. Denmark yang tidak ingin kehilangan harapannya untuk lolos ke perempat final, berhasil menyamakan kedudukan melalui tandukan keras striker Michael Krohn-Dehli meneruskan umpan Nicklas Bendtner di menit ke-24. Skor 1-1 bertahan hingga peluit panjang babak pertama ditiup wasit Carlos Velasco Carballo.

Di babak kedua, Denmark yang dituntut meraih kemenangan mencoba mengambil alih jalannya pertandingan dan bermain lebih menyerang. Usaha yang cukup efektif kala tendangan spekulasi yang duilontarkan Jakob Poulsen dari luar kotak penalti masih melambung di atas mistar gawang Neuer. Tekanan demi tekanan yang dilancarkan Denmark tak kunjung membuahkan hasil menyusul solidnya lini belakang Die Mannschaft, julukan lain Jerman.

Keasyikan menyerang membuat pasukan Olsen-Banden (The Olsen Gang), julukan lain Denmark, melupakan lini pertahanan mereka. Bermodalkan serangan balik yang dipadu dengan permainan apik dari Mesut Ozil, di menit ke-80 Jerman unggul 2-1 lewat Lars Bender. Skor yang tetap bertahan sampai akhir pertandingan.

Di babak perempat final, Jerman yang berstatus juara Grup B akan bertemu dengan runner-up Grup A Yunani di PGE Arena, Gdansk, Jumat (22/6) malam waktu setempat atau Sabtu (23./6) dinihari WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar