Senin, 18 Juni 2012

EURO2012: Pelatih Belanda Harus Perbaiki Timnya


Pelatih Belanda Bert Van Marwijk diharapkan melakukan segera perbaikan menjelang pertandingan melawan Portugal dini hari nanti. Demikian ditegaskan mantan kiper tim nasional Belanda Edwin Van der Sar di Jakarta, Ahad (17/6).

“Para pemain memang bukan mesin, namun penonton mengharapkan para pemain tampil bagus. Kadang para pemain tampil tidak seperti yang diharapkan,” jelas Van der Sar. “Mungkin saja hal itu akibat perubahan teknis atau pilihan pemain yang diturunkan. Saya rasa akan ada sejumlah perubahan.”

Setelah dikalahkan Denmark dan Jerman pada pertandingan awal, pelatih dan pemain Belanda terus menuai kritik. Bert Van Marwijk dinilai salah menerapkan taktik, menentukan susunan pemain, juga menetapkan mantunya, Mark Van Bomel, sebagai kapten tim.

Sementara para pemain yang dianggap terlalu bermain individu ketimbang bermain sebagai tim. “Tidak ada pilihan lain bagi Belanda, selain memenangkan pertandingan melawan Portugal dini hari nanti,” tegas Van der Sar.

Terkait kedatangannya di Jakarta, Edwin Van der Sar akan menjumpai penggemarnya sepanjang Sabtu hingga Senin besok. Selain itu, ia juga menggelar coaching clinic dan menghadiri acara pelelangan seragam dan sarung tangannya untuk didonasikan kepada Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI).



“Organisasi itu berjuang bagi kesejahteraan pemain sepak bola,” kata Van der Sar.

Edwin Van der Sar lahir di Voorhout, Belanda, pada 29 Oktober 1970. Ia mengawali karirnya bersama Ajax Amsterdam sejak 1994 hingga 1998. Puncak karirnya saat ia bergabung dengan Manchester United dari 2005 sampai penghujung 2011 saat ia menyatakan gantung sepatu dan mencatatkan sebagai salah satu kiper terbaik dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar