Sabtu, 16 Juni 2012

EURO2012: Prancis Ungguli Ukraina 2-0



Dua gol yang dicetak Jeremy Menez dan Yohan Cabaye mengantarkan kemenangan 2-0 (0-0) bagi Prancis saat menghadapi Ukraina di matchday kedua babak penyisihan Grup D Euro 2012 yang berlangsung di Donbass Arena, Donetsk, Jumat (15/6) malam waktu setempat atau Sabtu (16/6) dinihari WIB.

Dengan kemenangan tersebut, Les Blues sementara menduduki peringkat pertama klasemen dengan jumlah 4 poin atau unggul satu angka dari Ukraina. Artinya, Prancis tinggal membutuhkan tambahan satu poin di laga terakhir melawan Swedia guna lolos ke babak knock-out.

Setelah sempat ditunda selama 50 menit lebih menyusul hujan deras dan badai petir di sekeliling stadion, Prancis mengambil inisiatif pertandingan. Di menit ke-16, gol Menez memanfaatkan umpan Samir Nasri dianulir karena telah berdiri dalam posisi off-side. Ukraina membalas lewat sepakan Andriy Yarmolenko yang masih melebar di sisi kiri gawang Hugo Lloris.

Dua menit kemudian, Menez membuang peluang ketika tendangannya melambung di atas mistar gawang Andriy Pyatov. Di menit ke-28, lagi Prancis mendapat peluang emas ketika dalam posisi yang cukup bebas tembakan Menez dapat diselamatkan Pyatov.



Ukraina kemudian membalas lewat sepakan Andriy Shevchenko yang juga dapat diblok kiper Lloris. Enam menit sebelum jeda, kembali kiper Pyatov melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis sundulan Philippe Mexes yang meneruskan tendangan bebas Nasri.

Di babak kedua, pelatih Ukraina Oleg Blokhin memasukkan Marko Devic menggantikan Andriy Voronin. Setelah peluang Menez kembali digagalkan kiper Pyatov, dalam durasi satu menit Ukraina mendapat dua peluang emas lewat Shevchenko dan Anatoliy Tymoschuk. Kegagalan yang harus dibayar mahal mengingat dalam waktu yang cepat Les Bleus unggul 2-0.

Gol pertama tercipta di menit ke-52 lewat tendangan mendatar Menez yang menerima umpan dari Karim Benzema. Publik Donbass Arena pun terdiam. Belum hilang rasa kejut dalam diri para pemain Ukraina, empat menit kemudian, Prancis memperbesar keunggulan melalui tendangan Cabaye yang juga menerima umpan dari Benzema.

Pelatih Blokhin mencoba menambah daya dobrak timnya dengan memasukkan Artem Milevsky dan Oleksandr Aliyev. Strategi yang dijawab Laurent Blanc dengan memainkan Yann M’Vila yang menggantikan Cabaye.

Ukraina sempat beberapa kali mengancam gawang Lloris. Sayang, penyelesaian yang terburu-buru membuat peluang jadi sia-sia. Justru Prancis yang nyaris menambah keunggulan ketika tendangan Nasri masih dapat diselamatkan Pyatov. Skor 2-0 bertahan sampai bubaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar