Sabtu, 16 Juni 2012

EURO2012: Inggris Pulangkan Swedia



Dramatis. Lewat pertarungan sengit terutama di babak kedua, Inggris memetik kemenangan tipis 3-2 (1-0) atas Swedia di matchday kedua penyisihan Grup D Euro 2012 yang berlangsung di Olympic Stadium, Kiev, Jumat (15/6) malam waktu setempat atau Sabtu (16/6) dinihari WIB.

Gol-gol kemenangan Inggris dicetak Andy Carroll di menit ke-23, Theo Walcott di menit ke-64, dan Danny Welbeck di menit ke-78. Sementara, gol balasan Swedia dihasilkan lewat gol bunuh diri Glen Johnson di menit ke-49 dan Olof Mellberg di menit ke-59. Dengan hasil ini, Tiga Singa menduduki peringkat kedua klasemen dengan jumlah 4 poin kalah selisih gol dari Prancis. Sedangkan, kekalahan untuk kedua kalinya ini membuat Swedia harus tersingkir.

Di menit-menit awal kedua tim saling mengintip kelemahan masing-masing. Inggris berusaha keras mengendalikan jalannya pertandingan dengan memegang penguasaan bola. Di menit ketujuh, tendangan Scott Parker dari jarak 22 meter memaksa kiper Andreas Isaksson melakukan penyelamatan. Swedia membalas lewat tembakan Sebastian Larsson yang jatuh pas dalam pelukan kiper Joe Hart. Pun demikian halnya dengan sepakan Zlatan Ibrahimovic.

Keputusan Roy Hodgson memainkan Andy Carroll terbayar. Striker jangkung Liverpool ini membuka keunggulan Inggris lewat sundulan dahsyatnya di menit ke-23 meneruskan umpan lambung akurat yang disodorkan kapten Steven Gerrard. Skor 1-0. Sembilan menit kemudian Swedia membalas lewat sepakan Ibra yang masih dapat diselamatkan kiper Joe Hart.



Di awal babak kedua, giliran Swedia yang melakukan tekanan. Upaya yang membuahkan hasil di menit ke-49. Berawal dari tendangan bebas Ibra yang membentur pagar betis pemain Inggris. Bola liar jatuh di kaki Mellberg yang langsung melepaskan tembakan yang lolos dari jangkauan kiper Joe Hart. Bola sejatinya dapat diblok Glen Johnson di garis gawang. Namun, bola halauan membentur tiang gawang dan masuk ke dalam gawang sendiri. Skor 1-1.

Gol tersebut mengubah jalannya pertandingan. Sepuluh menit kemudian, giliran Swedia yang memimpin lewat gol khas cara Inggris. Adalah Mellberg yang menjebol gawang Hart lewat sundulannya meneruskan umpan lambung dari free-kick Sebastian Larsson. Skor 2-1 untuk Swedia. Inggris tersentak dan berupaya bangkit. Roy Hodgson memasukkan Theo Walcott dan menarik keluar James Milner.

Keputusan yang sangat jitu. Setelah peluang lewat sundulan kapten John Terry yang masih dapat ditepis kiper Isaksson, di menit ke-64, Inggris berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat tendangan Walcott dari luar kotak penalti. Sepakan Walcott mengenai badan bek Swedia dan mengubah arah bola yang membuat kiper Isaksson mati langkah.

Dalam kedudukan imbang, pertandingan berjalan dengan liar. Kedua tim sama-sama tampil menyerang mencari gol tambahan. Di menit ke-75, lagi-lagi kiper Joe Hart melakukan save dengan memblok sepakan Ibra. Dua menit kemudian, Inggris kembali unggul 3-2 melalui gol cantik Welbeck.

Gol ini berawal dari kontribusi Walcott yang melakukan akselerasi ke kotak penalti dan melancarkan umpan tarik ke mulut gawang. Bola disambar Welbeck dengan sentuhan back-heel yang membuat kiper Isaksson terperangah melihat laju bola yang bergulir ke dalam gawang.

Guna mengejar ketinggalan, pelatih Swedia Erik Hamren memasukkan Markus Rosenberg dan Christian Wilhelmsson. Di sisa waktu, pertahanan Inggris mendapat gempuran hebat dari Ibrahimovic dkk. Solidnya lini belakang yang dikoordinir John Terry membuat frustasi para pemain Swedia.

Di injury time, lewat serangan balik yang cepat, Inggris nyaris menambah gol ketika tembakan Gerrard meneruskan umpan silang Walcott dapat diblok kiper Isaksson. Skor 3-2 untuk Inggris bertahan sampai peluit akhir dibunyikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar