Minggu, 17 Juni 2012

EURO2012: Menakar Propabilitas Yunani



Warsawa: Tidak ada yang tidak mungkin dalam sepakbola. Seperti kata pepatah, bola itu bundar alias segala kemungkinan masih bisa terjadi. Mungkin, pepatah itulah yang paling cocok untuk menggambarkan kondisi Yunani yang sedang terpuruk di posisi paling buncit di klasemen sementara grup A Euro 2012.

Berbeda dengan Swedia dan Republik yang sudah dapat dipastikan angkat kaki dari Euro 2012, Ethniki, julukan Yunani, masih mempunyai kemungkinan atau propabilitas untuk dapat meraih posisi dua terbaik grup atau tiket menuju fase perempat final. Meski peluang itu sangat kecil adanya, tetapi bukan hal mustahil jika dewi fortuna berpihak kepada skuad Galanolefki (Blue-white).

Kemungkinan itulah yang membuat salah satu pemain veteran tim juara Euro 2004 tersebut, Kostas Katsouranis, yakin jika timnya tidak berada dalam tekanan yang besar menghadapi partai terakhir melawan Rusia yang notabene menjadi pimpinan klasemen dan hanya membutuhkan tambahan satu angka. “Kondisinya sangat sulit. Namun, untuk lolos ke babak selanjutnya, kami harus menghilangkan rasa takut,” tukas Katsouranis, gelandang Panathinaikos berusia 32 tahun itu.



Saat ini, Yunani hanya mengantongi 1 poin, hasil dari bermain seri dengan Polandia, dan mengalami satu kali kekalahan. Sementara, dua pesaingnya yakni Ceko yang mengumpulkan 3 poin, dan Polandia dengan 2 poin. Melihat kondisi tersebut, apabila Yunani dapat meraih kemenangan tanpa kebobolan atas Rusia di pertandingan penyisihan grup terakhir, Sabtu (16/6) sore waktu setempat, maka akan muncul propabilitas Yunani untuk lolos ke perempat final.

Namun, kemungkinan ini memang sangat kecil adanya, dan muncul apabila Ceko dan Polandia yang bakal bermain bersamaan dengan Yunani kontra Rusia, mendapati hasil imbang tanpa gol, dan Yunani berhasil mengalahkan Rusia minimal 2-0. Pasalnya apabila melihat head to head kedua tim, maka Yunani dan Ceko yang sama-sama memiliki hasil satu kali menang, seri, dan kalah, maka harus dilihat dari selisih golnya. Oleh karena itu, apabila Yunani dapat mengalahkan Rusia 2 gol tanpa balas, maka Yunani bakal lolos ke perempat final dengan keunggulan satu gol atas Ceko.

Menanggapi hasil dari dua pertandingan sebelumnya, Katsouranis mengatakan bahwa ada yang hilang dari permainan Yunani, yakni keberuntungan. “Kami benar-benar tidak beruntung, terutama saat kami melawan Republik Ceko. Namun, keberuntungan tidak berpihak kepada kami di dua pertandingan yang telah kami jalani. Oleh sebab itu kami berupaya untuk berpikir positif di pertandingan ketiga nanti, dan kami berharap akan ada sebuah keajaiban,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar