Minggu, 17 Juni 2012

EURO2012: Akibat Pisang, UEFA Hukum Kroasia




Gdansk: Suporter, bagi tim sepakbola merupakan pemain ke 13 yang memberikan dapat memberikan tenaga lebih saat mereka bertanding. Namun, tidak jarang ada ulah suporter yang merugikan tim yang mereka dukung. Seperti yang kini menimpa Timnas Kroasia, akibat ulah usil suporter mereka yang melakukan tindakan rasis, saat Kroasia bertemu Italia, maka UEFA bakal memberikan sanksi kepada Kroasia. Sementara bagi UEFA, rasisme menjadi isu paling utama dalam perhelatan Euro kali ini, dan akan menindak tegas segala bentuk tindakan berbau rasis.


Dalam pertandingan Kroasia melawan Italia di Stadion Miejski hari Kamis (14/6) silam, supoter Kroasia melontarkan yel-yel rasis dan mengeluarkan suara mirip monyet dan melemparkan pisang ke dalam lapangan kepada striker Italia, Mario Balotelli. Selain itu, suporter Kroasia juga menyalakan kembang api yang mengakibatkan gawang Italia yang dijaga Gianluigi Buffon dipenuhi asap dan sempat mengganggu jalannya pertandingan.



UEFA sendiri mengungkapkan akan bertemu dengan Federasi Sepakbola Kroasia, Selasa (19/6) mendatang. “UEFA telah membuat laporan untuk Federasi Sepakbola Kroasia (HNS) tentang adanya tindakan suporter yang melemparkan kembang api ke dalam lapangan, dan telah melakukan tindakan tidak terpuji (berupa yel-yel berbau rasis, dan menunjukan simbol rasisme) dalam pertandingan di Grup C Uero 2012 saat menghadapi Italia di Poznan pada hari Kamis. Komisi Disiplin Uefa akan membahas kasus ini pada Selasa tanggal 19 Juni mendatang,” UEFA menegaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar