Minggu, 17 Juni 2012

EURO2012: Ceska Paksa Polandia Angkat Koper




Wroclaw: Dramatis. Republik Ceska akhirnya memastikan diri melaju ke babak perempat final usai di partai terakhir penyisihan grup yang berlangsung di Municipal Stadium, Wroclaw, Sabtu (16/6) malam waktu setempat atau Minggu (17/6) dinihari WIB, mengalahkan tuan rumah Polandia 1-0 (0-0). Gol tunggal kemenangan Ceska ditentukan lewat sepakan gelandang VfL Wolfsburg, Petr Jiracek di menit ke-72.

Dengan hasil ini, Ceska tampil sebagai juara Grup A dengan jumlah 6 poin mengingat di partai lainnya yang berlangsung di Warsawa, Yunani secara mengejutkan memecundangi Rusia juga dengan skor 1-0. Meskipun mengoleksi jumlah poin yang sama dengan Rusia, Yunani berhak menduduki posisi runner-up dengan keunggulan head-to-head. Sementara itu, Polandia terbenam di posisi juru kunci sekaligus tersingkir dari turnamen.

Sejatinya, Polandia nyaris berhasil meraih kemenangan, kondisi yang bakal membuat skuad asuhan Franciszek Smuda lolos ke babak knock-out, setelah di 20 menit awal babak pertama mempunyai sejumlah peluang emas mencetak gol. Begitu kick-off dibunyikan, Robert Lewandowski dkk yang didukung penuh puluhan ribu pendukungnya, langsung tampil agresif dan memborbardir pertahanan Ceska. Sayangnya, enam peluang yang didapat Lewandowski dkk terbuang seiring dengan penyelesaian akhir yang jauh dari akurat dan gemilangnya penampilan kiper Cech di bawah mistar gawang.



Di 10 menit terakhir babak pertama, Ceska yang tampil tanpa jenderal lapangan tengahnya Tomas Rosicky mulai mampu membuat ancaman berarti di depan gawang tuan rumah yang kembali dikawal Przemsylaw Tyton. Di menit ke-37, Milan Baros yang lolos dari jebakan off-side terlambat sepersekian detik untuk menyongsong umpan akurat yang disodorkan David Limbersky. Empat menit berlalu, Baros juga terlambat mengantisipasi bola liar hasil tendangan rekannya Vaclav Pilar yang nyaris gagal diantisipasi kiper Tyton.

Jalannya laga berubah di babak kedua. Lewandowski dkk justru tampil melempem. Sebaliknya, sejak menit pertama, Ceska mendominasi jalannya pertandingan. Di menit ke-64, kiper Przemysław Tyton melakukan penyelamatan gemilang atas upaya Tomas Sivok. Empat menit berlalu, Tyton mampu mengantisipasi sepakan Milan Baros.

Tekanan demi tekanan yang dilakukan Ceska membuahkan hasil di menit ke-72. Berawal dari keberhasilan Baros mencuri bola di jantung pertahanan Polandia. Mantan striker Liverpool tersebut kemudian berakselerasi ke kotak penalti dan menyodorkan bola kepada Jiracek. Berhasil mengelabui bek Damien Perquis, Jiracek melontarkan sepakan mendatar ke pojok kiri gawang tanpa dapat ditepis kiper Tyton. Skor 1-0 untuk Ceska.

Tertinggal membuat Smuda mengubah strategi dengan memainkan dua pemain pengganti: Pawel Brozek dan Adrian Mierzejeweski. Namun, gelombang serangan yang dilontarkan Polandia tak kunjung mampu memecah kebuntuan. Termasuk, peluang emas terakhir di menit keempat injury time saat bola lob kapten Jakub “Kuba” Blaszczykowski mengelabui kiper Cech. Namun, tepat di garis gawang, bek Michal Kadlec berhasil menghalau bola. Selamatlah gawang Ceska. Skor 1-0 tetap bertahan sampai peluit akhir dibunyikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar