Jumat, 22 Juni 2012

EURO2012: Ronaldo Loloskan Portugal ke Semifinal




Warsawa: Portugal menjadi tim pertama yang meraih tiket melaju ke babak semifinal Euro 2012. Di fase perempat final yang berlangsung di National Stadium, Warsawa, Kamis (21/6) malam waktu setempat atau Jumat (22/6) dinihari WIB, Portugal berhasil mengalahkan Republik Ceska 1-0 (0-0) berkat gol sundulan Cristiano Ronaldo di menit ke-79. Di semifinal, Ronaldo dkk akan berhadapan dengan pemenang laga perempat final lainnya antara Spanyol dan Prancis yang baru akan berlangsung di Donbass Arena, Donetsk, Sabtu (23/6) lusa.

Dalam 20 menit pertama, kedua tim tampil tak terpola dan terburu-buru. Meski demikian, Ceska yang tampil tanpa beban lebih banyak menguasai bola dan berhasil memaksakan sejumlah tendangan penjuru. Setelah itu, laga mulai memanas. Dua pemain Portugal, Nani dan Miguel Veloso diganjar kartu kuning.



Di menit ke-25, Portugal mendapat peluang. Menerima passing akurat dari Joao Moutinho, Ronaldo berhasil melepaskan diri dari kawalan bek Ceska dan melontarkan sepakan keras yang masih dapat diblok kiper Pter Cech. Tujuh menit kemudian, Ronaldo kembali mendapat peluang. Sayang, tendangan saltonya meneruskan umpan dari Pepe masih melebar dari gawang.

Peluang terbaik Portugal didapat ketika pertandingan memasuki menit ke-45. Berawal dari umpan dahsyat yang disodorkan Raul Meireles kepada Ronaldo. Bintang Real Madrid tersebut berhasil melepaskan diri dari kawalan bek Michal Kadlec. Sayang, sepakan keras Ronaldo yang tak dapat diantisipasi kiper Cech hanya membentur tiang gawang. Skor 0-0 bertahan sampai turun minum tiba.

Di babak kedua, Portugal langsung mengambil inisiatif. 20 detik setelah kick-off, sundulan Hugo Almeida meneruskan umpan Meireles melambung di atas mistar gawang. Tiga menit kemudian, tendangan bebas Ronaldo kembali hanya membentur tiang kiri gawang Cech. Di menit ke-53, lagi Ronaldo membuang peluang seiring dengan tembakannya yang melambung jauh.

Empat menit berlalu, tendangan keras Nani dari luar kotak penalti masih dapat ditepis kiper Cech. Beberapa detik kemudian, gol lewat sundulan Almedia meneruskan umpan dari Nani dianulir karena sebelumnya telah berdiri dalam posisi off-side. Di menit ke-63, giliran tendangan Joao Moutinho yang memaksa kiper Cech melakukan penyelamatan.

Portugal terus tak kenal lelah memborbardir gawang Ceska. Tekanan yang dilancarkan skuad asuhan Paulo Bento akhirnya membuahkan hasil di menit ke-79. Berawal dari kerja sama antara Moutinho dan Nani di sektor sayap kiri pertahanan Cech. Lolos dari kawalan bek Ceska, Moutinho melontarkan crossing ke tengah kotak penalti. Lolos dari sambaran Almeida, bola kemudian disundul Ronaldo dengan cara yang cerdik, yaitu memantulkan bola terlebih dahulu ke tanah sehingga sulit diantisipasi kiper Cech. Ceska mencoba bangkit dan mengincar gol balasan. Namun, sampai peluit akhir dibunyikan wasit Howard Webb, skor tetap 1-0 untuk Portugal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar