Jumat, 15 Juni 2012

EURO2012: Mandzukic Tipiskan Harapan Italia




Harapan Timnas Italia untuk lolos ke perempat final Euro 2012 mulai menipis. Di matchday kedua penyisihan Grup C Euro 2012 yang berlangsung di Stadion Miejski, Poznan, Kamis (14/6) malam waktu setempat atau Jumat (15/6) dinihari WIB, Gli Azzurri harus puas bermain imbang 1-1 (1-0) dengan Kroasia. Italia unggul 1-0 terlebih dahulu lewat gol darifree-kick Andrea Pirlo di menit ke-39. Namun, The Blazers, julukan Kroasia, mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol balasan Mario Mandzukic di menit ke-72.


Secara keseluruhan, jalannya pertandingan kedua tim berjalan berimbang. Sejak babak pertama kedua tim tampil terbuka dan saling jual beli serangan. Namun, Italia yang butuh kemenangan lebih banyak mengkreasi peluang lewat Mario Balotelli dan Claudio Marchisio. Sayangnya, peluang emas yang didapat Marchisio di menit ke-37 secara luar biasa dapat digagalkan kiper Kroasia, Stipe Pletikosa. 


Namun, dua menit berselang, Italia mendapatkan hadiah tendangan bebas beberapa meter di luar kotak penalti. Meski telah memasang pagar betis, para pemain Kroasia gagal mengadang tendangan cantik yang dilepaskan Andrea Pirlo. Bola hasil sepakan playmaker Juventus tersebut menghujam pojok kanan gawang Kroasia dan gagal dihalau dengan sempurna oleh Pletikosa. Skor 1-0 untuk Italia bertahan sampai turun minum.



Dalam keadaan tertinggal, di babak kedua, Kroasia tampil garang dan menekan pertahanan Gli Azzurri. Sikap pantang menyerah yang ditunjukkan Luka Modric dkk akhirnya membuahkan hasil di menit ke-72 melalui gol balasan striker Mario Mandzukic. Gol ini bermula dari umpan lambung bek kiri Ivan Strinic yang tertuju ke tiang jauh gawang Gianlugi Buffon. Bek Giorgio Chiellini salah mengantisipasi jatuhnya bola yang kemudian dimanfaatkan Mandzukic. Skor 1-1.


Gol tersebut membuat laga kian menarik untuk disaksikan. Kroasia dan Italia sama-sama berupaya mencetak gol tambahan. Cesare Prandelli mencoba peruntungan dengan memasukkan Sebastian Giovinco untuk membantu Antonio Di Natale. Namun, sampai peluit akhir dibunyikan wasit Howard Webb, skor tetap sama kuat 1-1.


Dengan demikian, Italia hanya mendapatkan tambahan satu angka dan sementara menduduki peringkat kedua klasemen grup dengan total 2 poin. Sebaliknya, Kroasia memperkokoh posisinya di peringkat pertama dengan jumlah 4 poin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar