Senin, 25 Juni 2012

EURO2012: Lewat Pinalti, Italia Pulangkan Inggris


Kiev: Genap sudah empat tim yang berhak berlaga di babak semifinal Euro 2014. Adalah Italia yang menggenapi semifinalis usai di partai terakhir perempat final yang berlangsung di Olympic Stadium, Kiev, Minggu (24/6) malam waktu setempat atau Senin (25/6) dinihari WIB menyingkirkan Inggris 4-2 melalui adu penalti setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol alias 0-0 selama 120 menit. Di fase empat besar yang akan berlangsung di National Stadium, Warsawa, Kamis (28/6), Gli Azzurri akan bertemu dengan tim unggulan Jerman.



Menyimak jalannya pertandingan, Italia pantas keluar sebagai pemenang. Boleh dibilang, hanya dalam 15 menit pertama Inggris melakukan perlawanan. Selebihnya, pertandingan menjadi milik Andrea Pirlo dkk. Sayangnya, sejumlah peluang emas gagal dimanfaatkan anak-anak asuhan Cesare Prandelli. Selain kurang akuratnya penyelesaian akhir, gemilangnya penampilan kiper Joe Hart di bawah mistar gawang dan solidnya lini pertahanan Inggris yang dikoordinir John Terry, membuat upaya Italia jadi sia-sia.

Walhasil, dengan kedudukan masih imbang 0-0 sampai 90 menit berakhir, laga dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu. Italia kembali tak beruntung. Di menit ke-101, crossing Alessandro Diamanti yang terlambat diantisipasi kiper Joe Hart hanya membentur tiang gawang.

Enam menit sebelum extra time berakhir, gol sundulan Antonio Nocerino meneruskan umpan silang Christian Maggio dianulir karena sebelumnya gelandang AC Milan tersebut telah berada dalam posisi off-side. Skor 0-0 tetap bertahan sampai 120 menit usai. Laga pun harus ditentukan dengan drama adu penalti.

Dalam tos-tosan dari jarak 12 meter itu, para pendukung Italia kembali dibuat berdebar-debar. Setelah eksekusi pertama yang dilakukan Mario Balotelli berjalan mulus dan tak dapat ditangkap kiper Joe Hart, Inggris menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat tendangan Steven Gerrard. Lalu, Italia waswas ketika sepakan algojo kedua Riccardo Montolivo melebar dari sasaran. Inggris pun unggul 2-1 melalui tembakan Wayne Rooney yang mengelabui kiper Gianluigi Buffon.

Dalam keadaan tertinggal, Pirlo menjaga peluang Italia lewat eksekusi cantiknya yang membuat kiper Joe Hart tertipu malu. Skor jadi sama kuat 2-2. Italia berbalik mendapat keuntungan setelah tendangan algojo ketiga Inggris Ashley Young membentur mistar gawang meskipun kiper Buffon sudah mati langkah. Eksekusi sempurna Nocerino membuat Italia kembali unggul 3-2.

Gli Azzurri berada di atas angin setelah sepakan Ashley Cole yang menjadi eksekutor keempat Inggris dengan mudah dapat dibaca kiper Buffon. Algojo kelima Diamanti menuntaskan tugasnya dengan sempurna usai eksekusinya yang gagal dibaca kiper Joe Hart. Skor 4-2. Italia pun lolos ke babak semifinal Euro 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar