Selasa, 12 Juni 2012

EURO2012: Dua Gol Sheva Sikat Swedia


Dua gol yang dicetak kapten dan striker andalan Andriy Shevchenko mengantarkan kemenangan 2-1 (0-0) bagi Ukraina saat menjamu Swedia di laga penyisihan Grup D Euro 2012 yang berlangsung di Olympic Stadium, Kiev, Senin (11/6) malam waktu setempat atau Selasa (12/6) dinihari WIB. Hasil yang mengantarkan Zbirna—julukan Ukraina—sementara menempati puncak klasemen grup. Kemenangan itu pun membuat Ukraina menjadi tuan rumah pertama yang berhasil mencetak kemenangan di laga perdananya sejak Euro 2000 ketika Belgia menundukkan Swedia 2-1.

Di menit-menit awal babak pertama, kedua tim tampil dengan penuh kehati-hatian. Baru di menit ke-17, Swedia mengancam gawang Ukraina yang dijaga Andriy Pyatov lewat akselerasi Zlatan Ibrahimovic. Tuan rumah membalas enam menit kemudian melalui Andriy Shevchenko yang tendangannya masih melebar dari sasaran.

Tujuh menit sebelum jeda, Swedia mendapat peluang emas ketika umpan silang akurat yang disodorkan Sebastian Larsson disambar Ibra lewat sundulannya yang membuat kiper Pyatov mati langkah. Apes bagi The Blue-Yellow, bola hanya membentur tiang kiri gawang Ukraina. Empat menit berlalu, giliran Andriy Yarmolenko yang membuang peluang seiring dengan sepakannya yang melambung jauh di atas mistar gawang Andreas Isaksson.

Enam menit memasuki babak kedua, Ibra membungkam publik Olympic lewat sontekan tap-in-nya yang menjebol gawang Pyatov meneruskan crossing pendek yang disodorkan Kim Kallstrom. Skor 1-0 untuk Swedia. Gol ini ternyata melecut semangat anak-anak asuhan Oleg Blokhin. Kurang dari tiga menit kemudian, berawal dari umpan silang Yarmolenko, dengan jitu Shevchenko berhasil menjebol gawang Swedia. Skor 1-1.

Stadion Olympic kembali bergemuruh kencang di menit ke-61. Berawal dari tendangan sudut yang dilakukan Yevhen Konoplyanka, Sheva lolos dari kawalan Ibra dan dalam sudut yang sangat sempit berhasil menyarangkan bola lewat sundulan kepalanya. Skor 2-1 untuk Ukraina. Gol ke-48 yang dicetak Sheva bagi timnas.

Pelatih Swedia Erik Hamren bereaksi dengan memasukkan berturut-turut Anders Svensson, Christian Wilhemsson, dan Johan Elmander. Keputusan yang jitu. Swedia mulai mengambil alih dominasi pertandingan. Di menit ke-76, kiper Ukraina Pyatov melakukan save atas tendangan keras Ibrahimovic yang sebelumnya bekerja sama dengan Rasmus Elm.

Dalam lima terakhir, Swedia terus memborbardir pertahanan tuan rumah. Sayang, dua peluang emas yang didapat Elmander dan Olof Mellberg terbuang sia-sia seiring dengan tembakan kedua pemain yang masih melambung dari sasaran. Sampai peluit akhir dibunyikan wasit Cuneyt Cakir (Turki), skor 2-1 untuk Ukraina tetap bertahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar