Senin, 02 Juli 2012

EURO2012: Laga Final Disaksikan 250 Juta Penonton (WoW)


Kiev: Italia dan Spanyol akan bertemu di pertandingan final Piala Eropa 2012 di Olympic Stadium Kiev, Ukraina, Ahad (1/7) malam waktu setempat atau Senin (2/7) dini hari WIB. Seluruh pencinta sepak bola dunia, tua maupun muda tentunya tidak akan melewatkan setiap detik untuk melihat aksi para jagoannya.


Asosiasi Sepak Bola Uni Eropa (UEFA) memperkirakan sekitar 250 juta pemirsa televisi di seluruh dunia bakal menyaksikan laga final kali ini. Jumlah ini diklaim akan mengalahkan penonton laga final Euro 2008. Saat itu, Spanyol melawan Jerman di partai final pada 29 Juni 2008. Tercatat, sebanyak 237 juta pasang mata menyaksikan Spanyol merengkuh gelar juara lewat gol tunggal Fernando Torres di menit 33.

Sepanjang babak penyisihan grup, UEFA melansir rata-rata jumlah penonton telah mencapai lebih dari satu juta orang. Jumlah tersebut meningkat 82 persen dari Piala Eropa 2008 lalu.

Direktur Marketing UEFA, Guy-Laurent Epstein menyatakan animo masyarakat dunia terhadap Euro terus meningkat dari setiap perhelatan. "Di Euro kali ini, keinginan menyaksikan para jagoan tim nasional masing-masing sangatlah besar. Kami senang dengan hal ini," katanya, seperti dilansir Associated Press.

Epstein pun berharap jumlah penonton di televisi bisa mencapai 350 juta orang, dengan jumlah pemirsa di Italia sebanyak 22 juta dan di Spanyol 13 juta, minimal dalam satu menit. Menurut dia, jumlah tersebut bisa saja terjadi lantaran lebih dari 200 teritorial di dunia memiliki hak siar media, dengan masing-masing membayar 840 juta euro atau setara Rp 9,98 triliun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar