Minggu, 24 Juni 2012

EURO2012: Usir Prancis, Spanyol Bertemu Portugal


Donetsk: Kian dekat bagi juara bertahan Spanyol untuk mempertahankan gelar. Di babak perempat final yang berlangsung di Donbass Arena, Donetsk, Sabtu (23/6) malam waktu setempat atau Minggu (24/6) dinihari WIB, La Furia Roja dengan meyakinkan menundukkan Prancis 2-0 (1-0).




Dua gol kemenangan Spanyol diborong gelandang bertahan Real Madrid Xabi Alonso melalui sundulan di menit ke-19 dan eksekusi penalti di menit ke-90. Gol ke-14 dan ke-15 bagi Alonso yang menjalani laga yang keseratus kalinya bersama Spanyol. Di babak semifinal yang akan digelar di tempat yang sama, Rabu (27/6), Spanyol akan ditantang Portugal.


Kemenangan pasukan Vicente del Bosque tak lepas dari keteledoran pelatih Les Bleus Laurent Blanc yang menurunkan formasi bertahan di babak pertama. Tak pelak selama 45 menit pertama, Prancis menjadi “boneka” Spanyol. Setelah di menit ketujuh tendangan spekulasi Alonso dari garis tengah dapat diantisipasi kiper Hugo Lloris, Spanyol unggul 1-0 di menit ke-19 melalui sundulan mantan pemain Liverpool tersebut yang memanfaatkan umpan lambung Jordi Alba.


Gol ini tak lepas dari kesalahan bek Mathieu Debuchy yang gagal mengawal pergerakan Alba. Dengan leluasa, Alba melontarkan umpan silang ke tiang jauh yang langsung disambar Alonso yang berdiri bebas tanpa kawalan. Bek Gael Clichy dan kiper Hugo Lloris salah mengantisipasi datangnya bola. Sejak gol tersebut, Spanyol kian dominan.


Prancis baru melakukan perlawanan di 15 menit terakhir yang ditandai dengan tendangan bebas Yohan Cabaye yang memaksa kiper Iker Casillas melakukan penyelamatan dengan menepis bola ke luar gawang. Namun, hanya itu yang dapat dilakukan Les Bleus. Sampai turun minum tiba, skor masih 1-0 untuk Spanyol.


Di babak kedua, jalannya pertandingan jauh lebih menarik. Meski dengan komposisi yang sama, Prancis lebih berani untuk keluar menyerang. Di menit ke-59, Prancis mendapat peluang ketika umpan manis yang disodorkan Franck Ribery diteruskan Debuchy lewat sundulannya yang masih melambung. Spanyol tersengat. Semenit kemudian, kiper Lloris melakukan save dengan mencuri bola dari kaki Cesc Fabregas yang menerima passing luar biasa akurat dari Xavi Hernandez.


Pertandingan kian ramai menyusul keputusan Blanc memasukkan Samir Nasri dan Jeremy Menez. Spanyol menjawabnya dengan memainkan Pedro Rodriguez yang diikuti Fernando Torres. Lini tengah Prancis di bawah koordinir Nasri kian mampu mengimbangi Spanyol. Di menit ke-70, crossing Ribery dapat dimentahkan Casillas.


Tak kunjung mampu menyamakan kedudukan, Blanc berjudi dengan memainkan striker tambahan, Olivier Giroud. Namun, buruknya penampilan Karim Benzema dkk di lini depan membuat Prancis jarang membuat ancaman di depan gawang Casillas. Bahkan, memasuki menit akhir waktu normal, Spanyol mendapat hadiah penalti ketika akselerasi Pedro dilanggar Anthony Reveillere. Eksekusi 12 pas yang dilakukan Alonso mulus. Kiper Lloris terkecoh. Skor 2-0 untuk Spanyol. Game over.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar