Rabu, 27 Juni 2012

EURO2012: Pilih Mana? Portugal atau Spanyol?


Opelancia: Portugal akan mengerahkan segala upaya untuk bermain optimal sekaligus meraih gelar pertamanya di Piala Eropa. Sebaliknya, Spanyol juga bertekad menjadi negara pertama yang sanggup mempertahankan gelar.


Portugal menatap laga semifinal Piala Eropa 2012 dengan optimistis. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan sudah menggelar latihan untuk pertandingan melawan Spanyol.

Di atas kertas, Spanyol memiliki rekor lebih mumpuni dengan 16 kali kemenangan dari 34 pertemuan di berbagai turnamen resmi dalam 50 tahun terakhir. Portugal memenangi enam di antaranya. Sisanya berakhir imbang.

Di ajang Piala Eropa 1984, Portugal menahan imbang Spanyol 1-1, kemudian menang 1-0 tahun 2004. Sedangkan di Piala Dunia 2010, Spanyol menyingkirkan Portugal di babak 16 besar. Namun beberapa bulan kemudian, Portugal membalas 4-0 di sebuah laga persahabatan yang dihelat di Lisbon, November 2010.

Kendati Spanyol lebih difavoritkan, gelandang Portugal Custodio menegaskan, timnya fokus untuk merengkuh tropi Eropa pertama kalinya.

Dari kubu Spanyol, La Furia Roja juga berambisi menjadi tim pertama yang berhasil mempertahankan gelar Eropa. Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque menyadari potensi ancaman pemain pilar Portugal, utamanya Ronaldo dan Nani yang piawai memanfaatkan momentum serangan balik. Spanyol yang lebih banyak menerapkan gaya penguasaan bola ala Barcelona tentunya harus menjaga pergerakan keduanya.

Fakta menarik lainnya, seperti yang dilansir Xabi Alonso, laga ini akan jadi pertemuan para pemain Real Madrid. Ronaldo dan Pepe akan berseteru dengan dirinya, Sergio Ramos termasuk penjaga gawang Iker Casillas.

Spekulasi pun muncul apa bila Vicente Del Bosque tak mengubah gaya permainan La Furia Roja yang tak menempatkan striker murni di depan, Spanyol diprediksi kesulitan menembus pertahanan Portugal yang dikawal Pepe dan kawan-kawan. Bosque tengah mempertimbangkan kemungkinan terbaik memposisikan Fernando Torres atau Cesc Fabregas guna mempertajam daya dobrak Tim Mattador.

Kedua tim masih punya waktu untuk memantapkan strategi sebelum bertemu di Donbass Arena, 27 Juni waktu setempat atau Kamis dini hari waktu Indonesia bagian barat. Jadi, siapa yang Anda prediksikan bakal menang dalam pertandingan tersebut? Portugal atau Spanyol?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar