Sabtu, 23 Juni 2012

EURO2012: Gilas Yunani, Jerman ke Semifinal



Gdansk: Perjudian yang dilakukan Joachim Loew membuahkan hasil yang manis. Tampil dominan sepanjang pertandingan Jerman berhasil mengatasi perlawanan Yunani dengan skor 4-2 (1-0) di laga perempat final Euro 2012 yang berlangsung di PGE Arena, Gdansk, Jumat (22/6) malam waktu setempat atau Sabtu (23/6) dinihari WIB. Dengan hasil ini, Der Panser lolos ke babak semifinal dan akan bertemu dengan pemenang partai perempat final lainnya antara Inggris dan Italia.

Gol-gol kemenangan Jerman dicetak melalui tendangan Phillip Lahm di menit ke-39, sepakan Sami Khedira di menit ke-61, sundulan Miroslav Klose di menit ke-68, dan tembakan Marco Reus di menit ke-74. Sementara, gol balasan Yunani dihasilkan melalui sontekan Giorgios Samaras di menit ke-55 dan eksekusi penalti Dimitris Salpingidis di menit ke-89.



Setelah Yunani menguasai bola selama dua menit pertama, selanjutnya pertandingan di babak pertama mutlak milik Jerman. Di menit ketiga, gol Andrea Schurrle dianulir karena sebelumnya telah berdiri dalam posisi off-side. Sejak itu, jalannya laga berjalan setengah lapangan. Jerman memborbardir pertahanan Yunani. Tercatat Der Panzer menguasai 82 persen penguasaan bola.

Sejumlah peluang didapat anak-anak asuhan Loew. Namun, selain kurang akurat dalam penyelesaian akhir, usaha Jerman selalu mentok menyusul gemilangnya penampilan kiper Michalis Sifakis yang tercatat minimal empat kali melakukan penyelamatan atas upaya Mesut Ozil, Marco Reus, dan Khedira. Namun, di menit ke-38, Sifakis menyerah melihat derasnya laju bola yang dilepaskan Lahm dari luar kotak penalti. Gol Lahm mirip dengan gol yang dicetaknya ke gawang Kosta Rika di laga penyisihan grup PD 2006.

Di awal babak kedua, pelatih Yunani Fernando Santos mencoba peruntungan dengan mengubah strategi seraya memasukkan dua pemain baru: Fanis Gekas dan Giorgos Fotakis. Hasilnya, di menit ke-55 melalui serangan balik yang sangat cepat, Yunani mampu menyamakan kedudukan melalui sontekan Samaras meneruskan umpan silang Salpingidis yang lolos dari kawalan Lahm. Gol tersebut membuat Loew marah. Lahm dkk pun langsung bangkit dan kembali mengepung pertahanan Yunani.

Enam menit setelah skor imbang, Khedira mengembalikan keunggulan Jerman lewat gol spektakuler dari luar kotak penalti memanfaatkan umpan lambung yang disodorkan Jerome Boateng. Skor 2-1 untuk Jerman. Semenit kemudian, Yunani mencoba membalas lewat sepakan Gekas yang masih melambung.

Di menit ke-68, Jerman memperbesar keunggulan menjadi 3-1 melalui sundulan Klose memanfaatkan umpan lambung yang disodorkan Mesut Osil dari tendangan bebas di dekat corner. Gol ini tak luput dari kesalahan bek Kyriakos Papadopoulos yang gagal mengawasi pergerakan Klose dan kiper Michalis Sifakis yang blunder mengantisipasi datangnya bola.

Sejak itu, sejatinya pertandingan telah selesai. Namun, Loew tetap meminta anak-anak asuhannya untuk terus menyerbu. Enam menit berselang, harapan Loew terwujud. Jerman unggul 4-1 melalui tendangan dahsyat Reus. Gol ini bermula dari umpan akurat dari Ozil yang tertuju pada Klose. Sepakan Klose dapat diblok kiper Sifakis. Bola muntah langsung disambar Reus dan mendarat di bagian atas gawang Yunani.

Merasa posisinya sudah aman, Jerman mengendurkan tekanannya. Yunani yang mendapat kesempatan berhasil memperkecil ketinggalan menjadi 2-4 melalui eksekusi penalti Salpingidis di menit ke-89. Hadiah penalti diberikan wasit Damir Skomina menyusul tembakan Fotakis yang mengenai tangan Boateng. Skor 4-2 bertahan sampai bubaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar