Senin, 11 Juni 2012

EURO2012: Italia Imbangi Spanyol (Spain)



Keputusan Vicente del Bosque mencadangkan seluruh strikernya nyaris membunuh peluang Spanyol. Melayani tantangan Italia di pertandingan pertama penyisihan Grup C Euro 2012 yang berlangsung di PGE Arena, Gdansk, Minggu (10/6) sore, La Furia Roja sempat tertinggal lebih dahulu sebelum akhirnya mampu menyamakan kedudukan dan memaksakan hasil imbang 1-1 (0-0). Gli Azzurri unggul lebih dahulu melalui gol cantik striker pengganti Antonio Di Natale di menit ke-60. Spanyol membalas empat menit kemudian melalui tendangan Cesc Fabrregas.


Seperti yang telah diperkirakan sebelumnya, Xavi Hernandez dkk tampil dominan dan mengendalikan jalannya pertandingan. Sebaliknya, Italia menitikberatkan lini tengah dan pertahanan dan mencuri kesempatan melalui serangan balik. Gli Azzurri pantas berterima kasih kepada Daniele De Rossi yang tampil gemilang dalam memblok upaya David Silva dan “striker” Cesc Fabregas di menit kedelapan. 


Peluang pertama Spanyol tercipta melalui Silva. Sayang, tendangannya masih melambung. Italia membalas seketika lewat tembakan Mario Balotelli yang juga masih jauh dari sasaran. Di menit ke-11, Spanyol mendapat peluang emas pertama. Lewat serangan balik, Silva yang berdiri bebas gagal memecah kebuntuan seiring dengan tendangannya yang lemah dan dapat dikuasai Gianluigi Buffon. 


Italia yang kemudian bangkit membalas lewat tendangan bebas Andrea Pirlo yang dapat ditepis Iker Casillas. Di menit ke-29, giliran Buffon yang melakukan save atas tendangan Andres Iniesta. Laga kian berjalan menarik dengan kedua tim sama-sama melakukan tekanan ke gawang lawan masing-masing. Dua kali Casillas bekerja keras menyelamatkan gawangnya dari tendangan Cassano dan sepakan first-time Claudio Marchisio. 


Di akhir babak pertama, Spanyol mendapat dua peluang emas ketika tendangan Cesc di depan gawang masih dapat diblok Leonardo Bonucci dan tembakan chop Iniesta yang masih melambung di atas mistar. Italia tak mau kalah. Lewat counter-attack, Cassano mengirimkan umpan silang ke mulut gawang yang disambar Thiago Motta lewat sundulannya yang memaksa Casillas terbang untuk menepisnya.



Di awal babak kedua, Spanyol langsung menggebrak dan mendapat dua peluang lewat tendangan Cesc yang dapat ditepis Buffon dan Iniesta yang masih menyamping. Di menit ke-53, Italia punya peluang emas lewat Mario Balotelli. Memanfaatkan kesalahan Sergio Ramos, dalam posisi bebas sendirian berhadapan dengan Casillas, Balotelli terlalu lama mengolah bola yang membuat Ramos mampu membuang bola. Kontribusi terakhir dari Balotelli yang kemudian ditarik keluar lapangan dan digantikan Di Natale.


Keputusan pelatih Gli Azzurri Cesare Prandelli jitu. Tak lama kemudian, di menit ke-60, Italia unggul 1-0 melalui tendangan Di Natale. Gol ini berawal dari kerja keras playmaker Andrea Pirlo yang melepaskan diri dari kawalan tiga pemain Sanyol dan memberikan wall pass akurat kepada Di Natale yang lolos dari kawalan Gerard Pique dan Ramos. Dengan dingin, Di Natale berhasil mengelabui Iker Casillas. 


Spanyol tersentak. Kurang dari empat menit kemudian, Cesc Fabregas menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol ini merupakan hasil kerja sama dari tiga serangkai, Andres Iniesta, Silva, dan Fabregas. Passing Silva mengecoh De Rossi dkk dan langsung disambar Fabregas. Kiper Buffon pun tak kuasa mengadang bola. 


Laga kian ramai dan menarik untuk disaksikan. Kedua pelatih adu strategi dengan memasukkan para pemain cadangan. Setelah peluang Jordi Alba terbuang percuma, Del Bosque memainkan Fernando Torres. Semenit kemudian, Torres membuang peluang emas. Lolos dari jebakan off-side, dalam kondisi satu lawan satu, Torres gagal melewati Buffon.


Dalam 15 menit terakhir, kedua tim silih berganti mengkreasi peluang. Di menit ke-77, Di Natale gagal melancarkan tendangan dengan sempurna saat mengantisipasi umpan silang akurat yang disodorkan pemain pengganti Sebastian Giovinco. Dan, di menit ke-84, fans Spanyol pantas mengutuk nasib apes yang menyertai Torres. Berdiri bebas dan dalam kondisi gawang Italia telah ditinggalkan Buffon, tendangan Torres hanya mendarat di jaring atas gawang Italia. 


Empat menit berselang, giliran Claudio Marchisio yang membuang peluang emas. Melakukan akselerasi dari lini tengah, dari dalam kotak penalti tendangan Marchisio lemah dan tepat jatuh dalam pelukan Casillas. Di injury time, tendangan spekulasi Xabi Alonso masih melenceng dari sasaran. Sampai peluit akhir skor tetap 1-1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar