Minggu, 10 Juni 2012

EURO2012: Gomez Menangkan Jerman Melawan Portugal


Jerman terhindar dari nasib apes yang menimpa Belanda beberapa jam sebelumnya. Lewat pertarungan yang ketat, Der Panser akhirnya berhasil memetik kemenangan 1-0 (0-0) dari Portugal di partai penyisihan Grup B Euro 2012 yang berlangsung di Arena Lviv, Lviv, Sabtu (9/6) malam waktu setempat atau Minggu (10/6) dinihari WIB.

Gol semata wayang kemenangan Jerman dihasilkan melalui sundulan striker Bayern Muenchen Mario Gomez di menit ke-72. Tiga poin yang diraih membuat Jerman bersama-sama Denmark memimpin klasemen sementara grup dengan jumlah tiga (3) poin dan selisih gol yang sama pula. 

Di menit-menit awal, Der Panser sempat menggebrak lewat sundulan Gomez meneruskan umpan silang Jerome Boateng yang masih dapat ditangkap dengan baik oleh kiper Rui Patricio. Delapan menit kemudian, kiper Rui kembali mengantisipasi tembakan spekulasi Lukas Podolski yang menerima umpan silang dari Thomas Mueller. Jerman terus berusaha mencetak gol pembuka. Sayang, pola permainan anak-anak asuhan Joachim Loew dapat dibaca Pepe dkk. 

Meski demikian beberapa kali Podolski dkk berhasil mengkreasi sejumlah peluang. Namun, sayang, penyelesaian yang kurang akurat membuat upaya jadi sia-sia. Di menit terakhir babak pertama, Portugal mendapat peluang emas ketika dari kemelut yang terjadi di dalam kotak penalti, tendangan Pepe membentur mistar bagian dalam gawang dan memantul tepat di garis gawang. Gawang Jerman yang dikawal Manuel Neuer selamat dari kebobolan.


Jalannya pertandingan di babak kedua jauh lebih menarik. Kedua tim sama-sama meningkatkan tempo permainan. Perlahan, Portugal mulai unjuk gigi dan beberapa kali sempat mengancam gawang Neuer lewat akselerasi Raul Meireles, Cristiano Ronaldo, dan Nani. Di menit ke-64, peluang Ronaldo di dalam kotak penalti secara luar biasa dapat diblok bek Jerome Boateng. Gawang Jerman kembali selamat dari kebobolan.

Jerman yang sadar akan bahaya yang mengancam perlahan kembali mendominasi jalannya penguasaan bola. Usaha pantang menyerah yang dilakukan Philipp Lahm dkk akhirnya membuahkan hasil di meni ke-72 lewat heading Gomez. Gol ini bermula dari umpan lambung yang dilakukan Bastian Schweinsteiger. Mengenai badan salah satu pemain Portugal, Gomez yang lolos dari kawalan bek Real Madrid Pepe, dengan cerdik menyundul bola ke tiang jauh yang membuat kiper Rui Patricio gagal menepisnya. 

Uniknya, gol ini terjadi beberapa detik sebelum Gomez ditarik keluar lapangan. Penyerang kawakan Miroslav Klose yang telah bersiap di pinggir lapangan akhirnya kembali duduk di bench. Empat menit kemudian, Gomez gagal menambah keunggulan Jerman karena terlamnbat sepersekian detik menyongsong crossing Mueller di depan gawang. Sepuluh menit jelang waktu normal berakhir, Klose akhirnya mendapat kesempatan tampil. Portugal pun memasukkan striker tambahan Silvestre Varela. Portugal kian di atas angin. Di menit ke-84, tendangan spekulasi Nani hanya membentur mistar gawang Neuer. 

Empat menit kemudian, Portugal mendapat peluang emas. Berawal dari pergerakan pemain pengganti Nelson Oliveira yang menyodorkan bola ke depan gawang yang gagal disambar Nani. Bola pun gagal pula dihalau defender Panser dan jatuh ke kaki Varela. Sayang, Varela gagal memanfaatkan peluang di depan mata. Sepakan mendatarnya dapat diblok kiper Neuer. Di menit terakhir injury time, menerima umpan matang dari Ronaldo, bola hasil tendangan Nani membentur badan Holger Badstuber. Sampai peluit akhir berbunyi, skor 1-0 untuk Jerman tetap bertahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar